Cara Supaya Anak Tidak Bisa Mendowload Sembarangan Aplikasi di Smartphone

Smartphone merupakan sebuah perangkat yang memiliki fungsi begitu penting di dalam kehidupan. Salah satu fungsi yang paling umum yaitu sebagai sarana untuk berkomunikasi. Pada saat ini, kehadiran smartphone dengan dukungan teknologi yang canggih membuat smartphone memiliki fungsi yang lebih banyak selain sebagai sarana untuk berkomunikasi. Berbagai macam fungsi yang bisa digunakan pada smartphone seperti menjelajah internet, bermain game, dan lain sebagainya.

Tak lepas dari itu semua, pengguna smartphone ini tidak hanya digunakan oleh para orang tua saja. Tetapi, penggunaan smartphone sudah merambah ke tangan anak-anak di bawah umur. Banyak di jumpai  disekitar lingkungan anak-anak yang sedang asik memainkan perangkat telepon pintar ini.

Sebagai orang tua, tidaklah selalu bisa memantau anaknya ketika menggunakan smartphone tersebut. Hal itu biasanya di karenakan kebanyakan orang tua terlalu sibuk dengan pekerjaan. Namun, dengan dihadirkannya fitur canggih, orang tua bisa membatasi akses yang dilakukan sang anak dalam menggunakan smartphone.

Salah satu contoh, sang anak tidak bisa melakukan dowload aplikasi. Mengingat banyaknya tersedia aplikasi yang bersifat negatif di internet, peranan orang tualah yang sangat dibutuhkan agar anak tidak berbuat hal yang tidak diingikan pada smartphonenya. Namun, bagaimanakah caranya ?

1. Sembunyikan aplikasi yang berhubungan dengan internet dan toko aplikasi pada smartphone

Cara Agar Anak Tidak Bisa Mendowload Sembarangan Aplikasi Di Smartphone

Dengan menyembunyikan aplikasi yang berhubungan dengan internet dan toko aplikasi pada smartphone, tentu anak tidak tidak bisa bermain di dunia internet atau pun mendowload aplikasi tanpa sepengetahuan. Aplikasi tersebut seperti aplikasi browser default smartphone dan toko aplikasi yang tersedia di perangkat smartphone.

Cara menyembunyikan aplikasi tersebut bisa ikuti langkah di bawah ini. 
- Masuk ke pengaturan layar smartphone.
- Selanjutnya pilih "Tampilan".
- Lalu pilih "Layar depan".
- Setelah itu, pilih atau klik "Sembunyikan aplikasi"
- Selanjutnya silahkan tandai aplikasi yang ingin di sembunyikan, lalu klik "Gunakan".

Baca juga : Cara Dowload Video dan Gambar Di Aplikasi CocoFun.

2. Aktifkan kontrol orang tua di toko aplikasi (Play Store)

Cara Agar Anak Tidak Bisa Mendowload Sembarangan Aplikasi Di Smartphone

Seperti namanya, toko aplikasi merupakan tempat aplikasi resmi untuk menginstal aplikasi di perangkat smartphone. Tidak seperti mencari aplikasi melalui browser, dengan toko aplikasi ini memang sangat memudahkan mendapatkan bermacam-macam aplikasi menarik dan keren. 

Pada toko aplikasi ini, orang tua bisa membatasi jenis konten yang download atau dibeli dari Google Play dengan mengaktifkan fitur "Kontrol orang tua. Hal ini mengingat, tidak semua smartphone mempunyai fitur sembunyikan aplikasi yang telah dijelaskan pada nomor satu.

Bagaimanakah cara mengaktifkannya :
- Masuk ke toko aplikasi.
- Selanjutnya klik garis tiga yang terletak di pojok kiri atas, lalu pilih "Setelan".
- Setelah itu masuk ke pengaturan toko aplikasi smartphone. Lalu pilih atau klik "Kontrol orang tua".
- Selanjutnya aktifkan kontrol orang tua tersebut.

Nah, perlu diketahui kontrol orang tua tidak bisa mencegah anak untuk melihat konten yang telah di batasi, jika konten tersebut muncul pada hasil penelusuran atau di akses lansung melalui link.

Baca juga : 3 Cara Mencari Teman Di Aplikasi CocoFun.

Nah, itulah cara agar anak tidak bisa mendownload sembarangan aplikasi di perangkat smartphone.

Posting Komentar untuk "Cara Supaya Anak Tidak Bisa Mendowload Sembarangan Aplikasi di Smartphone "