Cara Buat Watermak Sederhana di Aplikasi Paint

Penambahan watermark pada sebuah foto bertujuan untuk mencegah tindakan copy paste yang dibagikan diinternet. Dengan penerapan watermark tersebut, pelaku copy paste tidak bisa menghilangkan watermark tanpa izin sang dari penghasil foto atau mengambil foto tanpa izin didunia internet. Karena, memang kebanyakan foto dan video yang dikasih watermark sebagian besar adalah hasil karya pribadi.

watermark, edit foto

Watermark adalah sebuah tanda kepemilikan karya digital dalam hal ini yaitu foto atau pun video yang berupa tulisan atau logo yang terlihat mengambang pada foto maupun video. Secara umum, fungsi watermark ini adalah sebagai bukti kuat kalau foto maupun video merupakan hasil dari yang menciptakan atau conten creator.

Saat ini telah banyak tersedia aplikasi edit foto yang bisa menambahkan watermark pada foto. Salah satu aplikasi yang tersedia pada perangkat komputer yaitu Microsoft Paint atau yang lebih dikenal dengan paint. Dengan paint, kamu bisa menambahkan watermark sederhana berupa sebuah tulisan untuk hasil karyamu.

Namun, bagaimanakah cara menambahkan watermark dengan menggunakan aplikasi paint ?
Yuk simak langkah-langkahnya.

Caranya :
1. Buka aplikasi Paint diperangkat komputer kamu.

watermark, edit foto

2. Setelah aplikasi Paint di buka, selanjutnya masukkan foto yang ingin kamu tambahkan watermark dengan cara klik "file" lalu "open".

watermark, edit foto

3. Selanjutnya muncul tampilan explorer komputer kamu. Silahkan pilih foto dan klik "open".

watermark, edit foto

4. Masuk foto yang ingin diedit ke aplikasi Paint. 

watermark, edit foto

5. Selanjutnya klik ikon A atau text (seperti gambar di bawah).

watermark, edit foto


Baca juga : Cara Ubah Nama dan Deskripsi Chanel Youtube di Smartphone.

6. Lalu tentukan lokasi foto yang ingin kamu tambah watermark. Watermark sederhana yaitu watermark berupa tulisan. Selanjutnya klik pada lokasi foto tersebut.

watermark, edit foto

7. Nah, selanjutnya buat tulisan dengan ciri khas kamu.

watermark, edit foto

8. Selanjutnya klik diluar kotak tulisan untuk menerapkan watermark berupa tulisan yang kamu buat pada foto. Maka hasilnya akan muncul seperti gambar dibawah.

watermark, edit foto
9. Nah, jika kamu ingin mengganti warna text, ukuran, jenis dan posisinya kamu bisa mengikuti caranya klik DISINI.
10. Setelah penambahan watermark yang kamu lakukan sudah selesai, selanjutnya simpan hasil editan dengan cara klik "file" lalu "save as" dan tentukan lokasi penyimpanan yang kamu inginkan.

Baca juga: 2 Cara Membuat Garis Lurus pada Gambar di Paint. 

Selessai. Itulah cara membuat watermark sederhana dengan menggunakan aplikasi Paint yang tersedia pada perangkat komputer. 

Posting Komentar untuk "Cara Buat Watermak Sederhana di Aplikasi Paint"