4 Penyebab Smartphone Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

4 Penyebab Smartphone Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Smartphone bisa dibilang sebuah barang yang tidak pernah lepas dari tangan. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, samrtphone merupakan barang yang wajib ada dalam mendukung aktivitas sehari-hari.

Aktivitas yang dilakukan terhadap smartphone pun cukup beragam. Seperti bermain game, menjalin komunikasi melalui media sosial, melakukan penelusuran internet, melakukan edit foto maupun video dan banyak lagi aktivitas yang bisa dilakukan pada perangkat pintar ini.

Banyaknya aktivitas yang dilakukan terhadap smartphone akan memungkinkan sebuah smartphone akan menjadi cepat panas. Smartphone yang cepat panas akan membuat rasa yang tidak nyaman saat menggunakannya. Namun, aktivitas tersebut terkadang tidaklah mengakibatkan smartphone menjadi cepat panas. Banyak lagi penyebab lain yang bisa membuat smartphone menjadi cepat panas. 

Nah, dibawah akan membagikan 4 penyebab mengapa smartphone menjadi cepat panas serta cara mengatasinya. 

1. Panas saat melakukan pengisian 

Smartphone, Telepon, Pengisian

Saat melakukan pengisian daya smartphone akan menjadi panas, akan tetapi itu adalah hal yang wajar. Namun, jika terlalu panas ada kemungkinan terjadi karena kesalahan pada charger. Cara mengatasinya yaitu dengan mencabut charger dan biarkan beberapa saat sampai kondisi smartphone menjadi dingin. Selanjutnya isilah kembali daya pada smartphone kamu dengan menggunakan charger resmi bawaan smartphone atau menggunakan charger lain yang berkualitas. 

2. Panas karena smartphone bekerja terlalu berat

Belanja Natal, Smartphone, Telepon

Panas karena smartphone bekerja terlalu berat seperti menggunakan aplikasi yang banyak sekaligus, melakukan edit dan memainkan game dengan kualitas 3D akan membuat battery smartphone akan menjadi cepat habis dan membuat smartphone manjadi cepat panas. Tak hanya itu saja, kinerja smartphone juga menjadi semakin lambat. Cara mengatasinya yaitu sesuaikan aktivitas yang kamu lakukan dengan spesifikasi yang terdapat pada perangkat yang kamu gunakan. Jika memang mengharuskan kamu untuk melakukannya pakailah game dengan kualitas standar dan bukalah aplikasi dengan cara membukanya secara bergantian.

3. Panas Setelah upgrde OS

Android, Sistem Operasi, Reboot, Pembukaan

Setalah melakukan upgrade OS, biasanya proses kinerja pada latarbelakang smartphone akan semakin meningkat. Prosesor akan bekerja lebih keras dengan dihadirkankannya beberapa fitur terbaru dari upgrade OS tersebut. Akan tetapi tidaklah terjadi karena prosesor bisa saja terjadi karena hardware yang lainnya. Namun, panas pada smartphone karena prosesor dan hardware lainnya sangatlah wajar. Jika panas pada smartphone sudah dirasa terlalu berlebihan dan tidak kunjung turun cobalah untuk membawa smartphone ke ahli service smartphone.

4. Panas Karena Battery Bengkak

Daur Ulang, Ponsel, Angka Miniatur

Battery yang bengkak merupakan battery yang sudah mengalami kerusakan. Kerusakan komponen pada battery juga mengakibatkan smartphone menjadi cepat panas karena tidak berfungsi normal. Battery yang bengkak juga mengakibatkan body smartphone akan menjadi retak dan renggang. Jika smartphone kamu mengalami hal seperti ini cobalah untuk mengganti battery dengan yang baru. Gantilah battery dengan battery resmi dengan type smartphone yang kamu gunakan dan gantilah ditempat resmi seperti service center type smartphone.

Baca juga : Cara Mengisi Game Dan Aplikasi Lainnya Di Smartphone.

Nah, itulah 4 penyebab smartphone menjadi cepat panas dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "4 Penyebab Smartphone Cepat Panas dan Cara Mengatasinya"