4 Tips Aman Bagi Pedagang Online Saat Melakukan COD

Pada saat ini, berjualan dengan cara online merupakan salah satu cara yang efektif bagi seorang pedagang. Mengingat berjualan secara online tidaklah membutuhkan tempat untuk berjualan serta cara berjualannya bisa dibilang sederhana namun pasti. 


COD, Pedagang Online


Hanya membutuhkan sebuah perangkat yang terkoneksi ke jaringan internet seseorang pedagang telah bisa melakukan penjualan secara online. Berjualan online banyak dilakukan dengan menggunakan media sosial seperti facebook, instagram dan lain sebagainya. 

Sistem penjualan online ini yaitu pedagang melakukan postingan melalui postingan pribadi atau postingan ke group jualan dan selanjutnya jika ada yang membeli, pedagang melakukan suatu kesepakatan. Kesepakatan tersebut biasa seperti melakukan pengiriman atau bertemu lansung untuk memberikan barang dan melakukan pembayaran dengan transfer atau bayar tunai atau pada saat sekarang ini dikenal dengan COD.

Namun, pada saat ini telah banyak pembeli yang ini melakukan kesepakatan dengan cara COD. Cara ini pula lebih nyaman dan aman ketimbang harus melakukan transfer terlebih dahulu. Akan tetapi, ketika akan melakukan COD pun bisa saja terjadi sesuatu yang tidak aman antara penjual dan pembeli. Salah satu contoh pembeli yang melakukan kejahatan ketika COD. 

Nah, bagi kamu sebagai pedagang online dibawah ini akan membagikan 4 tips saat melakukan COD untuk antisipasi tindak kejahatan yang dilakukan oleh pembeli.

1. Hindari tempat melakukan COD ditentukan oleh pembeli

Tempat-Tempat Yang Hilang, Tua

Tips yang pertama ketika mau melakukan COD yaitu hindari jika pembeli yang menentukan tempat. Jika seandainya pembeli yang menentukan tempat COD, pikirkanlah dan cari info mengenai tempat tersebut. Jika dirasa tempat yang ditentukan tidak masuk akal maka hindarilah dan jangan mau mengikutinya bisa jadi itu hanya akal-akalan untuk berbuat hal yang tidak bertanggung jawab kepada kamu. Ajaklah pembeli berunding dengan tenang agar tempat COD bisa kamu yang nentukan. Namun, jika seandainya terpaksa untuk ditentukan oleh pembeli ajaklah dia COD ditempat yang jelas atau ditempat keramaian.

2. Jangan izinkan barang dibawa oleh pembeli jika belum dibayar

Kamera, Foto, Foto Polaroid

Barang yang belum dibayar merupakan barang yang masih menjadi hal milik kamu. Jangan izinkan pembeli membawa barang yang belum dibayar ketika melakukan COD dengan alasan apa pun. Biasanya pembeli yang membawa barang ini beralasan untuk mau dilihat didalam rumah dan dilihatkan kepada teman maupun orang tuanya. Jika kamu mengizinkannya bisa jadi barang kamu dibawa kabur lewat belakang oleh sipembeli. Cegahlah dengan tegas sipembeli tersebut untuk tidak membawa barang kamu. Namun, jika mengharuskan untuk dibawa usahakan kamu bisa ikut bersama pembeli tersebut. 

3. Hindari Lakukan COD larut malam

Kota, Malam, Gelap, Arsitektur, Lampu

Larut malam diidentik dengan berubahnya kondisi pada suatu tempat yang awalnya ramai menjadi sunyi atau sepi. Dilarut malam pula berbagai tindak kejahatan akan mudah dilakukan. Kamu sebagai pedagang online yang ingin melakukan COD, hindarilah melakukan COD pada waktu larut malam. Kamu bisa berunding dengan pembeli untuk melakukan COD di esok harinya. Namun, jika terpaksa untuk melakukan COD, ajaklah sipembeli tersebut untuk COD ditempat terang dan ditempat ayang biasanya masih ada orang. Usahakan kamu juga mengajak teman untuk membantu kamu jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

4. Jangan ladeni pembeli ketika masih diatas kendraan yang masih hidup
Hindari saat melakukan COD jika pembeli masih diatas kendraannya yang masih hidup. Jika mesin kendraannya masih hidup jangan kasih dulu barang yang ingin dijual. Jika pembeli punya niat yang tidak baik dan barang sudah ditangan sipembeli bisa saja pembeli tersebut lansung tancap saat kamu lengah. Bebicara dengan lembut untuk mengajak pembeli tersebut untuk duduk santai atau turun dari kendraan.

Baca juga : 5 Tips Menghemat Kuota Internet Ketika Membuka Youtube 2020.

Nah, itulah 4 tips bagi seseorang yang menjalankan bisnis online atau pedagang online. Sedikit tambahan, tolaklah dengan tegas jika terjadi sama kamu hal-hal yang disebutkan diatas. Jangan takut jualan tidak laku, ingat rezeki bukan 1 saja tetapi banyak. Pembeli yang benar-benar mau beli, pasti akan mau ikut arahan dari penjual.

Terima kasih. semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "4 Tips Aman Bagi Pedagang Online Saat Melakukan COD"